Curriculum Development Class (2021). English Department, Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Lecturer: Dr. Gusti Nur Hafifah, M.Pd.
Analisis situasi adalah sebuah analisis dari faktor-faktor dalam konteksnya bagi proyek kurikulum yang tengah direncanakan atau kurikulum yang ada saat ini, yang bertujuan untuk menilai potensi dari faktor-faktor tersebut dan kaitannya dalam memengaruhi proyek kurikulum.
1. Analisis situasi merupakan sebuah analisis dari faktor2 dalam konteksnya bagi proyek kurikulum yang tengah direncanakan. Dimaksudkan untuk menilai potensi dari faktor2 tersebut untuk menetapkan sebuah kurikulum. 2. 4 kelompok dari faktor sosial dalam menganalisis situasi yaitu ada : - politisi - komunitas pengusaha - organisasi pendidikan - pihak ketiga spesialis sosial 5. ❀Perkembangan jaman ❀Perkembangan ilmu pengetahuan ❀Pertumbuhan penduduk yang pesat
1. Analisis situasi adalah analisis dari faktor faktor dalam konteks kurikulum yang tengah di rencanakan atau kurikulum yang ada saat ini, analisis di maksud untuk menilai potensi dari faktor" tersebut dan kaitannya dalam mempengaruhi proyek kurikulum. 3. Faktor pengajar dalam analisis situasi: - Kemahiran berbahasa - Kecakapan dan keahlian - Latihan dan kualifikasi
1. Analisis situasi adalah analisis dari faktor - faktor dalam konteksnya bagi proyek kurikulum yang tengah direncanakan atau yang ada saat ini, analisis dimaksudkan untuk menilai potensi dari faktor - faktor tersebut dan kaitannya dalam mempengaruhi proyek kurikulum. 2. Kelompok dari faktor sosial dalam menganalisis situasi - Pembuat kebijakan pemerintah - Pejabat tinggi pendidikan - Pegawai - Penduduk 3. Dimensi faktor pengajar: - Kemahiran berbahasa - Pengalaman mengajar - Gaya mengajar 5. Yang medasari perubahan kurikulum - Perkembangan jaman - Pemikiran baru dalam proses belajar mengajar - Perkembangan ilmu pengetahuan
1. Analisis produksi adalah sebuah analisis dan faktor-faktor dalam konteksnya dalam kurikulum yang ada saat ini. 2. Kelompok dari faktor sosial yang menganalisis situasi: - Pembuat kebijakan pemerintah - Politisi - Organisasi pendidikan - Penduduk 3. Dimensi dari faktor pengajar yang menganalisis situasi: - Kemahiran berbahasa - Kecakapan dan keahlian - Pengalaman mengajar 5. Hal yang mendasari perubahan kurikulum dapat terjadi: - Adanya perkembangan dan perubahan bangsa yang satu dengan yang lain - Pemikiran baru mengenai proses belajar-mengajar - Perubahan dalam masyarakat - Pandangan intelektual yang berubah
1. Analisis situasi adalah analisis dari faktor-faktor dalam konteksnya bagi proyek kurikulum yang tengah direncanakan, analisis ini dimaksudkan untuk menilai potensi di dalam faktor tersebut bagi kurikulum. 2. Pembuat kebijakan pemerintah, orang tua, siswa, pegawai. 3. Kemahiran berbahasa, pengalaman belajar, kecakapan dan keahlian. 4. Antara buku dan latihan yang diberikan pada siswa tidak relevan dapat menghasilkan hasil buruk dari proyek kurikulum. 5. Perkembangan teknologi, perbedaan sosial dan budaya tiap daerah, pemikiran baru mengenai proses belajar-mengajar, penemuan baru pada ilmu pengetahuan, dll.
jawaban no. 5 banyak sekali faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum yaitu yang pertama kurikulum dapat berubah karna perkembangan zaman. zaman menuntut pendidikan pula untuk selalu menjadi lebih baik sehingga kurikulum pun harus berubah. yang kedua adalah berkembangnya ilmu pengetahuan, setiap perubahan zaman pasti ada pakar ilmu yg mengembangkan 1 ilmu menjadi berbagai macam cabang ilmu sehingga itu pun menjadi faktor berubahnya kurikulum. dan masih banyak lagi faktor lainya misalnya pertambahan penduduk, minat pelajar dan lain sebagainya.
Analisis situasi adalah sebuah analisis dari faktor-faktor dalam konteksnya bagi proyek kurikulum yang tengah direncanakan atau kurikulum yang ada saat ini, yang bertujuan untuk menilai potensi dari faktor-faktor tersebut dan kaitannya dalam memengaruhi proyek kurikulum.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKelompok dari Faktor Sosial dalm menganalisis situasi:
BalasHapus1. Pemerintah pembuat kebijakan
2. Politisi
3. Penduduk
4. Siswa
1. Analisis situasi merupakan sebuah analisis dari faktor2 dalam konteksnya bagi proyek kurikulum yang tengah direncanakan. Dimaksudkan untuk menilai potensi dari faktor2 tersebut untuk menetapkan sebuah kurikulum.
BalasHapus2. 4 kelompok dari faktor sosial dalam menganalisis situasi yaitu ada :
- politisi
- komunitas pengusaha
- organisasi pendidikan
- pihak ketiga spesialis sosial
5.
❀Perkembangan jaman
❀Perkembangan ilmu pengetahuan
❀Pertumbuhan penduduk yang pesat
1. Analisis situasi adalah analisis dari faktor faktor dalam konteks kurikulum yang tengah di rencanakan atau kurikulum yang ada saat ini, analisis di maksud untuk menilai potensi dari faktor" tersebut dan kaitannya dalam mempengaruhi proyek kurikulum.
BalasHapus3. Faktor pengajar dalam analisis situasi:
- Kemahiran berbahasa
- Kecakapan dan keahlian
- Latihan dan kualifikasi
1. Analisis situasi adalah analisis dari faktor - faktor dalam konteksnya bagi proyek kurikulum yang tengah direncanakan atau yang ada saat ini, analisis dimaksudkan untuk menilai potensi dari faktor - faktor tersebut dan kaitannya dalam mempengaruhi proyek kurikulum.
BalasHapus2. Kelompok dari faktor sosial dalam menganalisis situasi
- Pembuat kebijakan pemerintah
- Pejabat tinggi pendidikan
- Pegawai
- Penduduk
3. Dimensi faktor pengajar:
- Kemahiran berbahasa
- Pengalaman mengajar
- Gaya mengajar
5. Yang medasari perubahan kurikulum
- Perkembangan jaman
- Pemikiran baru dalam proses belajar mengajar
- Perkembangan ilmu pengetahuan
1. Analisis produksi adalah sebuah analisis dan faktor-faktor dalam konteksnya dalam kurikulum yang ada saat ini.
BalasHapus2. Kelompok dari faktor sosial yang menganalisis situasi:
- Pembuat kebijakan pemerintah
- Politisi
- Organisasi pendidikan
- Penduduk
3. Dimensi dari faktor pengajar yang menganalisis situasi:
- Kemahiran berbahasa
- Kecakapan dan keahlian
- Pengalaman mengajar
5. Hal yang mendasari perubahan kurikulum dapat terjadi:
- Adanya perkembangan dan perubahan bangsa yang satu dengan yang lain
- Pemikiran baru mengenai proses belajar-mengajar
- Perubahan dalam masyarakat
- Pandangan intelektual yang berubah
1. Analisis situasi adalah analisis dari faktor-faktor dalam konteksnya bagi proyek kurikulum yang tengah direncanakan, analisis ini dimaksudkan untuk menilai potensi di dalam faktor tersebut bagi kurikulum.
BalasHapus2. Pembuat kebijakan pemerintah, orang tua, siswa, pegawai.
3. Kemahiran berbahasa, pengalaman belajar, kecakapan dan keahlian.
4. Antara buku dan latihan yang diberikan pada siswa tidak relevan dapat menghasilkan hasil buruk dari proyek kurikulum.
5. Perkembangan teknologi, perbedaan sosial dan budaya tiap daerah, pemikiran baru mengenai proses belajar-mengajar, penemuan baru pada ilmu pengetahuan, dll.
jawaban no. 5
BalasHapusbanyak sekali faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum yaitu
yang pertama kurikulum dapat berubah karna perkembangan zaman. zaman menuntut pendidikan pula untuk selalu menjadi lebih baik sehingga kurikulum pun harus berubah.
yang kedua adalah berkembangnya ilmu pengetahuan, setiap perubahan zaman pasti ada pakar ilmu yg mengembangkan 1 ilmu menjadi berbagai macam cabang ilmu sehingga itu pun menjadi faktor berubahnya kurikulum. dan masih banyak lagi faktor lainya misalnya pertambahan penduduk, minat pelajar dan lain sebagainya.