Curriculum Development Class (2021). English Department, Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Lecturer: Dr. Gusti Nur Hafifah, M.Pd.
2. Tujuan Kurikulum 2013 adalah mempersiapkan siswa-siswi Indonesia agar memiliki kemampuan sebagai pribadi yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif .
4. Kelemahan Kurikulum 2013 yaitu Guru banyak salah paham, karena beranggapan dengan kurikulum 2013 guru tidak perlu menjelaskan materi kepada siswa di kelas, padahal banyak mata pelajaran yang harus tetap ada penjelasan dari guru. Kelebihan Kurikulum 2013 yaitu menekankan pengembangan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik secara menyeluruh. yang menjadikan peserta didik harus aktif dan kreatif.
Menurut saya, mengapa kurikulum selalu dikembangkan dan di ganti-ganti karena setiap tahun kondisi IPTEK di negara kita mengalami perubahan juga, maka dari itu untuk menyesuaikan hal tersebut perlu dikembangkan kurikulum dengan menyesuaikan perkembangan yang terjadi.
1. Konsep dasar kurikulum 2013 menurut saya yaitu kurikulum yang berbasis karakter dan kompetensi. Yang diharapkan dapat menghasilkan pribadi yang produktif, kreatif, inovatif dan berkarakter. 2. Tujuan kurikulum 2013 yaitu menghasilkan pribadi Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan berkarakter melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. 3. Landasan Filosofis, Landasan Yuridis, dan Landasan Konseptual.
1. Menurut saya, konsep dasar kurikulum kebijakan 2013 yaitu menyangkut empat elemen perubahan kurikulum yaitu pada standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian. 2. Tujuan kurikulum yaitu mempersiapkan manusia Indonesia memiliki kemampuan produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa,bernegara, dan peradaban dunia. 4. Karateristik kurikulum 2013 - Isi atau konten kurikulum adalah kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti mata pelajaran dan dirinci lebih lanjut ke dalam kompetensi dasar. - Kompetensi Inti merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. - Kompetensi dasar merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu mata pelajaran di kelas tertentu. - Penekanan kompetensi ranah sikap, keterampilan kognitif, keterampilan psikomotorik, dan pengetahuan untuk suatu satuan pendidikan dan mata pelajaran ditandai oleh banyaknya kompetensi dasar suatu mata pelajaran. Untuk SD pengembangan sikap menjadi kepedulian utama kurikulum. - Kompetensi Inti menjadi unsur organisasi kompetensi bukan konsep, generalisasi, topik atau sesuatu yang berasal dari pendekatan “disciplinary based curriculum” dan “content based curriculum”.
2. Mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
5. Kelemahan: - Kurangnya pemahaman guru tentang konsep pendekatan scientific - Kurangnya keterampilan guru merancang RPP - Guru tidak banyak yang menguasai penilaian autentik - Terlalu banyak materi yang dikuasai siswa
Keunggulan: - Adanya penilaian dari semua aspek meliputi nilai kesopanan, religi, praktek, sikap dan lain-lain - Munculnya pendidikan karakter dan pendidikan budi pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam semua program studi - Adanya kompetensi yang sesuai dengan tuntutan fungsi dan pendidikan nasional - Kompetensi yang dimaksud menggambarkan secara holistic domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan
1. Konsep dasar kurikulum 2013 adalah sikap, keterampilan dan pengetahuan yang disusun dengan mengembangkan dan memperkuat sikap, pengetahuan dan keterampilan secara berimbang. 2. Tujuan kurikulum 2013 adalah untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman, produktid, kreatif, inovatif, dan efekrif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. 3. Landasan kurilulum 2013 diantaranya landasan yuridis, filosofis, dan konseptual.
1. Konsep dasar Kurikulum 2013 adalah untuk menyeimbangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan pada kegiatan pembelajaran. 2. Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan SDM yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif agar mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat. 3. Berikut merupakan 3 landasan yang mendasari Kurikulum 2013, yaitu Landasan Yuridis, Landasan Filosofis, dan Landasan Konseptual. 5. Kurikulum 2013 memiliki beberapa keunggulan, yaitu siswa dituntut untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi di sekolah. Aspek-aspek seperti nilai kesopanan, religi, praktek, dan sikap, dinilai di kurikulum ini. Kemudian, kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan pendidikan nasional. Kurikulum ini juga lebih tanggap terhadap fenomena dan perubahan sosial. Namun, tenaga pengajar banyak yang belum siap untuk menjalankan kurikulum ini. Mereka juga kurang paham terhadap pendekatan saintifik, dan perancangan RPP. Jika ditinjau lebih dalam, materi yang akan dikuasai oleh siswa terlalu banyak. Hal tersebut dapat membuat siswa merasa terbebani dan mengalami stress.
2. Tujuan Kurikulum 2013 adalah mempersiapkan siswa-siswi Indonesia agar memiliki kemampuan sebagai pribadi yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif .
BalasHapus4. Kelemahan Kurikulum 2013 yaitu Guru banyak salah paham, karena beranggapan dengan kurikulum 2013 guru tidak perlu menjelaskan materi kepada siswa di kelas, padahal banyak mata pelajaran yang harus tetap ada penjelasan dari guru. Kelebihan Kurikulum 2013 yaitu menekankan pengembangan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik secara menyeluruh. yang menjadikan peserta didik harus aktif dan kreatif.
BalasHapuskenapa kurikulum harus selalu di kembangkan dan di ganti2?
BalasHapusMenurut saya, mengapa kurikulum selalu dikembangkan dan di ganti-ganti karena setiap tahun kondisi IPTEK di negara kita mengalami perubahan juga, maka dari itu untuk menyesuaikan hal tersebut perlu dikembangkan kurikulum dengan menyesuaikan perkembangan yang terjadi.
Hapus1. Konsep dasar kurikulum 2013 menurut saya yaitu kurikulum yang berbasis karakter dan kompetensi. Yang diharapkan dapat menghasilkan pribadi yang produktif, kreatif, inovatif dan berkarakter.
BalasHapus2. Tujuan kurikulum 2013 yaitu menghasilkan pribadi Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan berkarakter melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.
3. Landasan Filosofis, Landasan Yuridis, dan Landasan Konseptual.
1. Menurut saya, konsep dasar kurikulum kebijakan 2013 yaitu menyangkut empat elemen perubahan kurikulum yaitu pada standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian.
BalasHapus2. Tujuan kurikulum yaitu mempersiapkan manusia Indonesia memiliki kemampuan produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa,bernegara, dan peradaban dunia.
4. Karateristik kurikulum 2013
- Isi atau konten kurikulum adalah kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti mata pelajaran dan dirinci lebih lanjut ke dalam kompetensi dasar.
- Kompetensi Inti merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.
- Kompetensi dasar merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu mata pelajaran di kelas tertentu.
- Penekanan kompetensi ranah sikap, keterampilan kognitif, keterampilan psikomotorik, dan pengetahuan untuk suatu satuan pendidikan dan mata pelajaran ditandai oleh banyaknya kompetensi dasar suatu mata pelajaran. Untuk SD pengembangan sikap menjadi kepedulian utama kurikulum.
- Kompetensi Inti menjadi unsur organisasi kompetensi bukan konsep, generalisasi, topik atau sesuatu yang berasal dari pendekatan “disciplinary based curriculum” dan “content based curriculum”.
2. Mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
BalasHapus3. - Landasan yuridis
- Landasan filosofis
- Landasan konseptual
5. Kelemahan:
- Kurangnya pemahaman guru tentang konsep pendekatan scientific
- Kurangnya keterampilan guru merancang RPP
- Guru tidak banyak yang menguasai penilaian autentik
- Terlalu banyak materi yang dikuasai siswa
Keunggulan:
- Adanya penilaian dari semua aspek meliputi nilai kesopanan, religi, praktek, sikap dan lain-lain
- Munculnya pendidikan karakter dan pendidikan budi pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam semua program studi
- Adanya kompetensi yang sesuai dengan tuntutan fungsi dan pendidikan nasional
- Kompetensi yang dimaksud menggambarkan secara holistic domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan
1. Konsep dasar kurikulum 2013 adalah sikap, keterampilan dan pengetahuan yang disusun dengan mengembangkan dan memperkuat sikap, pengetahuan dan keterampilan secara berimbang.
BalasHapus2. Tujuan kurikulum 2013 adalah untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman, produktid, kreatif, inovatif, dan efekrif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
3. Landasan kurilulum 2013 diantaranya landasan yuridis, filosofis, dan konseptual.
1. Konsep dasar Kurikulum 2013 adalah untuk menyeimbangkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan pada kegiatan pembelajaran.
BalasHapus2. Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan SDM yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif agar mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat.
3. Berikut merupakan 3 landasan yang mendasari Kurikulum 2013, yaitu Landasan Yuridis, Landasan Filosofis, dan Landasan Konseptual.
5. Kurikulum 2013 memiliki beberapa keunggulan, yaitu siswa dituntut untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi di sekolah. Aspek-aspek seperti nilai kesopanan, religi, praktek, dan sikap, dinilai di kurikulum ini. Kemudian, kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan pendidikan nasional. Kurikulum ini juga lebih tanggap terhadap fenomena dan perubahan sosial. Namun, tenaga pengajar banyak yang belum siap untuk menjalankan kurikulum ini. Mereka juga kurang paham terhadap pendekatan saintifik, dan perancangan RPP. Jika ditinjau lebih dalam, materi yang akan dikuasai oleh siswa terlalu banyak. Hal tersebut dapat membuat siswa merasa terbebani dan mengalami stress.