Curriculum Development Class (2021). English Department, Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Lecturer: Dr. Gusti Nur Hafifah, M.Pd.
Answer 1. Pembelajaran kolaboratif adalah suatu metode yang melibatkan siswa untuk saling bekerja sama dan saling membantu dalam satu kelompok yang beragam tingkat kemampuannya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Jawab no 1 Suatu metode yang melibatkan siswa untuk saling berkerjasama, saling membantu dan saling melengkapi, karna tiap individu berbeda tingkat pengetahuanya, sehingga pendidikan yg ideal tercapai.
1. Suatu metode yang melibatkan siswa untuk saling bekerjasama dan saling membantu dalam satu kelompok yang beragam tingkat kemampuannya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan di capai. 2. - Komunikasi secara visual atau menggunakan media digital dengan menggunakan zoom atau google meet - Komunikasi secara tertulis dengan menggunakan media cetak 3. Kegiatan yang meminta peserta didik untuk menafsirkan, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi informasi atau ide. 4. - Mengarahkan peserta didik untuk melekukan refleksi dan perencanaan selanjutnya - Membantu peserta didik agar lebih berkemajuan di pembelajaran berikutnya - Terhubung langsung dengan tujuan, kriteria pembelajaran dan kriteria keberhasilan - Memberitahu siswa secara spesifik tentang apa yang sudah dilakukan dan menawarkan bimbingan untuk mereka. 5. Kelebihan: - Memudahkan dan memberikan akses luas terhadap pendidikan - Dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi lembaga pendidikan - Dapat meningkatkan profesionalisme pengajar di bidang pendidikan - Dapat meningkatkan kualitas lulusan sekolah yang berdaya saing tinggi.
Kekurangan : - Memerlukan banyak kuota internet yang membebani siswa (masa pandemic) - Fasilitas sekolah yang kurang memadai seperti lab, komputer dll (sebelum pandemic).
1. suatu metode yang melibatkan siswa untuk saling bekerjasama dan membantu dalam satu kelompok yang beragam kemampuannya guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditargetkan. 2. -dalam bentuk tertulis berupa media cetak -dalam bentuk visual berupa media digital. 3. biasa diumpamakan dengan "pemikiran kritis" yang meminta peserta didik untuk menafsirkan, menganalisis, mensintesis, atau mengevaluasi ide dan informasi. 4. -memberi tahu peserta didik tentang apa yang sudah dilakukannya lalu menawarkan bimbingan khusus untuk membantu pembelajaran mereka -terhubung dengan tujuan pembelajaran dan kriteria keberhasilan -membantu peserta didik untuk sadar akankemajuannya di kegiatan pembelajaran -mengarahkan peserta didik untuk refleksi dan perencanaan langkah selanjutnya. 5. kelebihan, -memudahkan akses luas pendidikan -meningkatkan efektifitas manajemen, pengelolaan dan administrasi lembaga pendidikan -meningkatkan profesionalisme pengajar di bidang pendidikan -dapat meningkatkan kualitas lulusan sekolah yang memiliki daya saing tinggi.
kekurangan, -masih banyak memerlukan kuota yang mana hal ini membebani siswa yang kurang mampu -fasilitas sekolah yang kurang memadai.
1. Collaborative Learning adalah suatu metode yang melibatkan siswanuntuk saling beekeeja sama dana saling membantus dalam satu kelompok yang beragam tingkat kemampuannya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 3. Knowledge Construction sering diumpamakan dengan "pemikiran kritis" yang mana berpikir untuk mengajukan pertanyaan yang relevan, mengumpulkan informasi yang sesuai, mengurutkan informasi secara efisien dan kreatif, bernalar secara logis dan menyimpilkan
1. kolaborasi learning adalah salah satu metode yg di pakai agar siswa bisa bekerja sama dengan tingkat yg berbeda pengetahuan yg berbeda dan saling melengkapi gar tercapai tujuan pembelajaran. 2. skill komunikasi terbagi menjadi tiga, yaitu oral komunication, ialah komunikasi secara lisan. written adalah komunikasi dengan tulisan. dan non-verbal adalah mengekspresikan ide dan konsep melalui penggunaan bahasa tubuh, gerak tubuh, ekspresi wajah, dan nada suara, juga penggunaan gambar, ikon, dan simbol. 3. Konstruksi pengetahuan adalah proses kolaboratif yang bertujuan untuk menghasilkan pemahaman atau pengetahuan baru yang melebihi sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh siapa pun sendiri. 4. feedback yg didapat oleh peserta didik setelah merevisi tugas mereka adalah mereka bisa mengetahui bagaimana perkembangan didiri mereka, dan mereka bisa tahu apa yg harus mereka lakukan sselanjutnya.
1. Pembelajaran kolaboratif adalah salah satu metode yang melibatkan beberapa siswa untuk saling bekerjasama dalam satu kelompok mencapai tujuan yang sama. 2. Semakin berkembangnya waktu, komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu dapat melalui lisan, tulisan, atau bacaan digital maupun cetakan. 3. Knowledge construction adalah cara berpikir kritis yang digunakan untuk mengajukan pertanyaan yang relevan, mengumpulkan informasi yang sesuai, mengurutkan informasi secara efisien dan kreatif, dan bernalar secara logis. 4. Tujuan dilakukannya revisi tugas untuk siswa adalah memberi tahu siswa apakah yang dikerjakannya sudah baik, juga membimbing mereka untuk memajukan pembelajaran, revisi tugas juga membantu peserta didik untuk lebih sadar akan kemajuan mereka di sepanjang kegiatan pembelajaran. 5. Penggunaan ICT Learning pada siswa memudahkan dan memberikan akses luas terhadap pendidikan, juga dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi pengelolaan dan administrasi lembaga pendidikan, dan pastinya meningkatkan kualitas lulusan sekolah yang memiliki daya saing yang tinggi. Namun, penggunaan ICT learning masih dinilai "berat di kantong", karena memerlukan sesuatu yang namanya kuota. Selain itu, fasilitas sekolah juga masih belum merata, seperti keberadaan lab komputer, perangkat proyektor, dll.
Answer
BalasHapus1. Pembelajaran kolaboratif adalah suatu metode yang melibatkan siswa untuk saling bekerja sama dan saling membantu dalam satu kelompok yang beragam tingkat kemampuannya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Jawab no 1
BalasHapusSuatu metode yang melibatkan siswa untuk saling berkerjasama, saling membantu dan saling melengkapi, karna tiap individu berbeda tingkat pengetahuanya, sehingga pendidikan yg ideal tercapai.
1. situasi dimana terdapat dua atau lebih orang belajar atau berusaha untuk belajar sesuatu secara bersama-sama.
BalasHapus1. Suatu metode yang melibatkan siswa untuk saling bekerjasama dan saling membantu dalam satu kelompok yang beragam tingkat kemampuannya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan di capai.
BalasHapus2. - Komunikasi secara visual atau menggunakan media digital dengan menggunakan zoom atau google meet
- Komunikasi secara tertulis dengan menggunakan media cetak
3. Kegiatan yang meminta peserta didik untuk menafsirkan, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi informasi atau ide.
4. - Mengarahkan peserta didik untuk melekukan refleksi dan perencanaan selanjutnya
- Membantu peserta didik agar lebih berkemajuan di pembelajaran berikutnya
- Terhubung langsung dengan tujuan, kriteria pembelajaran dan kriteria keberhasilan
- Memberitahu siswa secara spesifik tentang apa yang sudah dilakukan dan menawarkan bimbingan untuk mereka.
5. Kelebihan:
- Memudahkan dan memberikan akses luas terhadap pendidikan
- Dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi lembaga pendidikan
- Dapat meningkatkan profesionalisme pengajar di bidang pendidikan
- Dapat meningkatkan kualitas lulusan sekolah yang berdaya saing tinggi.
Kekurangan :
- Memerlukan banyak kuota internet yang membebani siswa (masa pandemic)
- Fasilitas sekolah yang kurang memadai seperti lab, komputer dll (sebelum pandemic).
1. suatu metode yang melibatkan siswa untuk saling bekerjasama dan membantu dalam satu kelompok yang beragam kemampuannya guna mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditargetkan.
BalasHapus2. -dalam bentuk tertulis berupa media cetak
-dalam bentuk visual berupa media digital.
3. biasa diumpamakan dengan "pemikiran kritis" yang meminta peserta didik untuk menafsirkan, menganalisis, mensintesis, atau mengevaluasi ide dan informasi.
4. -memberi tahu peserta didik tentang apa yang sudah dilakukannya lalu menawarkan bimbingan khusus untuk membantu pembelajaran mereka
-terhubung dengan tujuan pembelajaran dan kriteria keberhasilan
-membantu peserta didik untuk sadar akankemajuannya di kegiatan pembelajaran
-mengarahkan peserta didik untuk refleksi dan perencanaan langkah selanjutnya.
5. kelebihan, -memudahkan akses luas pendidikan
-meningkatkan efektifitas manajemen, pengelolaan dan administrasi lembaga pendidikan
-meningkatkan profesionalisme pengajar di bidang pendidikan
-dapat meningkatkan kualitas lulusan sekolah yang memiliki daya saing tinggi.
kekurangan, -masih banyak memerlukan kuota yang mana hal ini membebani siswa yang kurang mampu
-fasilitas sekolah yang kurang memadai.
1. Collaborative Learning adalah suatu metode yang melibatkan siswanuntuk saling beekeeja sama dana saling membantus dalam satu kelompok yang beragam tingkat kemampuannya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
BalasHapus3. Knowledge Construction sering diumpamakan dengan "pemikiran kritis" yang mana berpikir untuk mengajukan pertanyaan yang relevan, mengumpulkan informasi yang sesuai, mengurutkan informasi secara efisien dan kreatif, bernalar secara logis dan menyimpilkan
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus1. kolaborasi learning adalah salah satu metode yg di pakai agar siswa bisa bekerja sama dengan tingkat yg berbeda pengetahuan yg berbeda dan saling melengkapi gar tercapai tujuan pembelajaran.
BalasHapus2. skill komunikasi terbagi menjadi tiga, yaitu oral komunication, ialah komunikasi secara lisan. written adalah komunikasi dengan tulisan. dan non-verbal adalah mengekspresikan ide dan konsep melalui penggunaan bahasa tubuh, gerak tubuh, ekspresi wajah, dan nada suara, juga penggunaan gambar, ikon, dan simbol.
3. Konstruksi pengetahuan adalah proses kolaboratif yang bertujuan untuk menghasilkan pemahaman atau pengetahuan baru yang melebihi sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh siapa pun sendiri.
4. feedback yg didapat oleh peserta didik setelah merevisi tugas mereka adalah mereka bisa mengetahui bagaimana perkembangan didiri mereka, dan mereka bisa tahu apa yg harus mereka lakukan sselanjutnya.
1. Pembelajaran kolaboratif adalah salah satu metode yang melibatkan beberapa siswa untuk saling bekerjasama dalam satu kelompok mencapai tujuan yang sama.
BalasHapus2. Semakin berkembangnya waktu, komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu dapat melalui lisan, tulisan, atau bacaan digital maupun cetakan.
3. Knowledge construction adalah cara berpikir kritis yang digunakan untuk mengajukan pertanyaan yang relevan, mengumpulkan informasi yang sesuai, mengurutkan informasi secara efisien dan kreatif, dan bernalar secara logis.
4. Tujuan dilakukannya revisi tugas untuk siswa adalah memberi tahu siswa apakah yang dikerjakannya sudah baik, juga membimbing mereka untuk memajukan pembelajaran, revisi tugas juga membantu peserta didik untuk lebih sadar akan kemajuan mereka di sepanjang kegiatan pembelajaran.
5. Penggunaan ICT Learning pada siswa memudahkan dan memberikan akses luas terhadap pendidikan, juga dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi pengelolaan dan administrasi lembaga pendidikan, dan pastinya meningkatkan kualitas lulusan sekolah yang memiliki daya saing yang tinggi. Namun, penggunaan ICT learning masih dinilai "berat di kantong", karena memerlukan sesuatu yang namanya kuota. Selain itu, fasilitas sekolah juga masih belum merata, seperti keberadaan lab komputer, perangkat proyektor, dll.